skip to main |
skip to sidebar
Algoritma
Pemrograman — Presentation Transcript
- 1. T1063 Algoritma dan
Pemrograman Antonius Rachmat C, S.Kom
- 2. Algoritma & Pemrograman SKS : 3 SKS Dosen : Antonius Rachmat
C, S.Kom Email : [email_address] Website :
http://lecturer.ukdw.ac.id/anton Jadwal Kuliah Kelas: : Group A: Senin,
10.30 Group B: Selasa, 07.30 Group C: Selasa, 17.00 Group D: Rabu,
17.00 Group E: Jumat, 13.30 Jadwal Kuliah Praktikum (2x seminggu)
mengikuti jadwal masing-masing. Koordinator Praktikum: Budi Susanto,
S.Kom, M.T Praktikum menggunakan Bahasa C
- 3. Deskripsi Matakuliah Matakuliah ini mengajarkan tentang konsep
dan logika berpikir komputer, cara perancangan dan analisis masalah,
yang kemudian dipecahkan dengan menggunakan komputer menggunakan
algoritma dan pemrograman terstruktur. Selain itu juga diperkenalkan
dan diajarkan penggunaan bahasa pemrograman (Bahasa C), dan flowchart
- 4. Kompetensi Matakuliah Mahasiswa mampu memahami logika berpikir
komputer, memahami prinsip kerja program, memahami alasan-alasan
komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, dan mampu
menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma
(pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart)
menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu
- 5. Materi-Materi Pengantar Algoritma Konsep Bahasa Pemrograman
Flowchart Tipe Data, Keywords, Konstanta, Variabel Struktur
Input/Output Percabangan Perulangan Pemrograman Modular Fungsi:
parameter, kembalian fungsi by value Array 1 dimensi Array 2 dimensi
Manipulasi String
- 6. Referensi Thomas H. Cormen et.al, Introduction to Algorithms
Second Edition , MIT Press, McGraw-Hill Book Company, 2001 Simon Harris
and James Ross, Beginning Algorithms , Willey Publishing Inc, 2006
Jogianto H.M, Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C , Penerbit Andi, 2000
Antonie Pranata, Algoritma dan Pemrograman , J&J Learning
Yogyakarta, 2000 Iwan Binanto, Konsep Bahasa Pemrograman , Penerbit
Andi Yogyakarta, 2005 Moh. Sjukani, Algoritma dan Struktur Data dengan
C, C++, dan Java , Mitra Wacana Media, 2005 Thompson Susabda Ngoen,
Pengantar Algoritma dengan Bahasa C, Penerbit Salemba Teknika, 2004
- 7. Penilaian Komponen Penilaian: Praktikum: 35% Tugas dan Tes
Kecil: 10% TTS: 25% TAS: 30% < 35 0 E >=35 – <50 1 D >=50 –
<70 2 C >=70 - <85 3 B >=85 4 A Range Point/IP Nilai
- 8. Ketentuan Lain Tidak ada tes tengah atau akhir susulan Kehadiran
minimal 75% Ketentuan praktikum sesuai dengan aturan praktikum Tidak
ada tugas tambahan untuk meningkatkan nilai yang kurang
- 9. Silabus Pengantar Algoritma dan Konsep Bahasa Pemrograman
Flowchart dan Pengenalan C Tipe Data, Keywords, Konstanta dan
Input/Output Percabangan Sederhana Percabangan Kompleks dan Switch Loop
Sederhana Loop Kompleks TTS Modular Programming Fungsi by value:
parameter, void dan non-void Array 1 Dimensi Array 2 Dimensi String
Manipulation pada C TAS
- 10. Sistem Komputer Sebuah sistem komputer terdiri dari Hardware
(perangkat keras) , Software (perangkat lunak) dan Brainware ,
sedangkan Software dapat dikelompokkan menjadi Operating System
Software, Programming Language Software dan Application Program
Software.
- 11. Bagan Sistem Komputer
- 12. Definisi Program/Pemrograman Adalah kumpulan
instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang
dibuat oleh programmer (pembuat program) Program adalah kumpulan
instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai
urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. (Menurut
P. Insap Santosa) Instruksi ( statement ) yang dimaksud adalah syntax
(cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang
mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan
Perulangan.
- 13. Bahasa Pemrograman Adalah alat untuk membuat program Contoh: C,
C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll. Perbedaan:
cara memberikan instruksi Persamaan: bertujuan menghasilkan output
yang sama
- 14. Paradigma Pemrograman Pemrograman Prosedural Berdasarkan
urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk
memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang
dikerjakan secara berurutan. Harus mengingat prosedur mana yang sudah
dipanggil dan apa yang sudah diubah. Pemrograman Fungsional Berdasarkan
teori fungsi matematika Fungsi merupakan dasar utama program.
Pemrograman Terstruktur Secara berurutan dan terstrukrtur. Program
dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh: PASCAL dan C
Pemrograman Modular Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul
merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri Sebuah
program dapat merupakan kumpulan modul-modul. Contoh: MODULA-2 atau ADA
- 15. Paradigma Pemrograman Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki
data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
Contoh: C++, Object Pascal, dan Java. Pemrograman Berorientasi Fungsi
Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat
tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh: SQL
(Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain. Pemrograman
Deklaratif Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan
pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.
Contoh: PROLOG
- 16. Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software) Dilihat dari Struktur
Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati
posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan
bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).
- 17. Algoritma Game : Use Your Mind!
- 18. Langkah Use Your Mind 2 kanibal naik perahu ke seberang kiri
Pindahkan 1 kanibal ke seberang kiri Perahu kembali ke seberang kanan
dgn 1 kanibal Ulangi langkah 1-3 2 misionaris naik perahu ke seberang
kiri Di seberang kiri, tukar 1 kanibal dgn 1 misionaris di perahu
Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal dan 1 misionaris Di
seberang kanan, tukar kanibal di perahu dgn 1 misionaris di seberang
kanan Perahu kembali ke seberang kiri dgn 2 misionaris Turunkan semua
misionaris di perahu ke seberang kiri Perahu kembali ke seberang kanan
dgn 1 kanibal Ulangi langkah 1-3 2 kanibal naik perahu ke seberang kiri
Turunkan kedua kanibal ke seberang kiri
0 komentar:
Posting Komentar